click it!

Senin, 05 Juli 2010

My Blog is My Life

Wadah komunikasi cyber sangat menjamur pada abad ini. Terobosan diawali dengan bermunculannya jejaring sosial ex: friendster, facebook, my space, dll. Lalu aplikasi multifungsi bernamakan blog. Karena ekspansi besar-besaran internet di dunia termasuk Indonesia maka banyak yang memanfaatkan blog cs untuk berbagai hal ex: media narsis, bisnis, silaturahim, dakwah, dll.

Blog yang awalnya digagas oleh Marc Andersen tahun 1993, memang sangat spektakuler dalam perkembangannya. Dia mmbuat halaman What’s New pada browser Mosaic – predecessornya Internet Explorrer dan Netscape-. Kemudian Januari 1994 Justin Hall mengunggah web pribadinya Justin’s Home Page yang kalangan blogger tasbitkan sebagai blog pertama sepanjang sejarah.

Untuk membuat blog teman-teman tak perlu menguasai bahasa HTML dan binatang2 sejenisnya kok. Blogger.com-nya Evan Williams sudah cukup memanjakan kita dengan fasilitasnya. Jadi kita tinggal write, read, and click.

Nah, kawan-kawan pasti pada punya blog. Mungkin kawan-kawan mempergunakannya untuk berbagai hal. Seperti media unjuk gigi, silaturahim, unggah lagu, informasi dan edukasi, dll. Blog, yang namanya diambil dari Pyra Lab, bisa menunjang ekonomi kita karena kita bisa menggunakannya untuk berbisnis. Bisa menunjang pengetahuan kita karena kita bisa menggunakannya untuk berbagi ilmu. Dan yang tak kalah tenarnya blog bisa menunjang kehidupan kekal kita kelak karena kita bisa menggunakannya sebagai media dakwah dan silaturahim (ini fungsi blog yang paling mulia).

Sebut saja kawan-kawan saya yang hebat di bidang IT, Arip cs sudah terkenal lewat lapakmaya-nya, sepak terjangnya sempat ditulis wartawan Radar sob. Rebecca Blood di Rebecca’s Pocketnya, Jon Katz di Slahdotnya, komunitas MetaFilter di MetaFilternya, hanif di cipnip-nya (narsis: on mode).

Oiya teman-teman udah pada tau kan macam2 service provider blog yang ada? mungkin aku bisa sebutkan (kawan-kawan mungkin tau lebih banyak): ada blogger.com, wordpress.com, aduh apa lagi yaa… . Nah mulai sekarang latihlah kemampuan menulis di blogmu. Rancang dan bangun, tunjukkan blogmu pada dunia!

Aku post ini karna masih pendatang baru di dunia pergoblogan dan ingin mengajak kawan-kawan menulis di blog. Ternyata enak loo. Dan saya tag kawan-kawan untuk bisa tahu blog kerennya kawan2 (put in the comment please..). Untuk teman-teman yang udah expert saya mohon bimbingannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar